Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
SDIT Al-marjan
|
|
Mata pelajaran
|
IPA
|
Kelas / semester
|
III / 2
|
Peminatan
|
Rayya Rihaudatul aisyi
|
Materi Pokok
|
Kenampakan Lingkungan Alami dan Buatan
|
Pertemuan ke
|
1 dan 2
|
Alokasi Waktu
|
2 jam
|
Tujuan Pembelajaran yang sesuai dengan teori konstruktivisme :
I.
Kognitif
1.
Siswa mampu mengkategorikan
kenampakan lingkungan alami dan buatan dengan mengaitkan
pengetahuan yang telah dimiliki siswa sedemikian rupa sehingga belajar melalui
proses pembentukan pengetahuan. (C5)
Alasan : Berdasarkan
Kamus Besar Bahasa Indonesia hal.534, Agar siswa dapat mengkelompokan
lingkungan alami dan buatan,sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi
lingkungan alami dan buatan.
2.
Siswa mampu
memberikan contoh tentang cara manusia memelihara dan melestarikan alam,
tidak
semua mengerjakan tugas yang sama, misalnya suatu masalah dapat diselesaikan
dengan berbagai cara. (C2)
Alasan : Berdasarkan
kamus Besar Bahasa Indonesia hal.140 , Agar Siswa dapat menyampaikan cara
memelihara dan melestarikan alam dan agar siswa dapat berkerjasama satu sama
lain dengan baik.
3. Siswa dapat membandingkan antara lingkungan alami dan
buatan dengan Mengintegrasikan
pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya transmisi social. (C4)
Alasan : Berdasarkan
Kamus Besar Bahasa Indonesia hal.100, Agar siswa dapat membedakan antara
lingkungan alami dan buatan dan terjadinya interaksi
dan kerja sama seseorang dengan orang lain atau dengan lingkungannya, misalnya
interaksi dan kerja sama antara siswa, guru, dan siswa-siswa.
II.
Psikomotorik
1. Siswa mampu mempraktekan cara menjaga dan memelihara
lingkungan. (P3)
Alasan : Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia Hal. 449, Agar siswa
dapat melindungi lingkungan di sekitarnya dengan cara menanam pohon dan siswa
telah mempelajari sebelumnya bagaimana cara menanam pohon dan menjaga
lingkungan.
2. Siswa mampu menyisihkan dari cara memelihara
lingkungan sekitar. (P1)
Alasan : Berdaasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia Hal. 1076, Agar Siswa dapat Memisahkan
antara sampah organik dan anorganik dan siswa
sebelumnya mengetahui macam macam sampah organik dan anorganik.
3. Siswa mampu Mendesain gambar tentang Lingkungan alami dan buatan. (P7)
Alasan :
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia Hal. 257, Agar Siswa dapat merancang
bentuk dari materi Lingkungan alami dan buatan dan agar siswa dapat memanfaatkan berbagai
media termasuk komunikasi lisan dan tertulis sehingga pembelajaran lebih efektif.
III.
Afektif
1. Siswa mampu ikut serta dalam memelihara lingkungan
alami dan buatan secara berkelompok. (A3)
Alasan : Berdasarkan buku Perkembangan
Peserta Didik, siswa dapat memelihara
lingkungan alami dan buatan secara berkelompok,dan dapat berinteraksi
dan kerja sama antara siswa, guru, dan siswa-siswa.
2. Siswa mampu menunjukan perbedaan antara lingkugan
alami dan buatan. (A3)
Alasan : Berdasarkan buku
Perkembangan Peserta Didik, siswa dapat mengetahui perbedaan antara lingkungan
alami dan buatan setelah peserta didik tersebut mempelajarinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar